Berita Utama

JIMAT CULTURE FESTIVAL 2024

Dilihat : 754 Kali, Updated: Kamis, 08 Agustus 2024
JIMAT CULTURE FESTIVAL 2024

Adalah Acara Penjamasan Pusaka Mataram (Jimat Kalisalak) merupakan Agenda Tahunan, Tradisi Budaya yang yang sudah ada sejak jaman Kerajaan Mataram (1677 M) yang dilaksanakan setiap tanggal 13 mulud tahun aboge, pada tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 17 September 2024

 

Sejarah Penjamasan Jimat :

Tahun 1677 M Kerajaan mataram mengalam kekalahan setelah diserang oleh pangeran Trunojoyo dari Madura, untuk menyelamatkan diri Prabu Amangkurat Meninggalkan Keraton dan berjalan kearah barat bersama keluarga, kerabat dan abdi dalem. Singkat Cerita Sampailah di desa Kalisalak, Karena kondisi 9yang sudah payah dan pesakitan maka sebagian benda perbekalan ditinggalkan, dan menitipkan barang-barang tersebut kepada warga dan berpesan agar barang-barang tersebut dijaga, dirawat, dan dibersihkan (dijamas setiap tanggal 12 mulud, Perintah raja tersebut dipegang teguh dan dilaksanakan oleh masyarakat desa Kalisalak dan menjadi sebiuah tradisi. Kini Tradisi tersebut dikenal dengan Penjamasan Jimat Kalisalak atau Penjamasan Pusaka mataram.

Datang dan saksikan Jimat Culture Festival pada tradisi penjamasan Jimat Kalisalak Pada Tanggal 17 September 2024 di Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas. 

Acara Tersebut akan dimeriahkan dengan Festival Kebaya dan Pentas Kesenian, Bazzar Souvenir dan Produk UMKM.

Komentar